Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM untuk pertama kalinya melakukan kuliah lapangan dengan tujuan perusahaan-perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengakhiri perkuliahan Bahasa Korea Komprehensif 2 (Korean Business) pada semester Genap 2023/2034. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa-Rabu, 25-26 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 31 mahasiswa dan 1 dosen pendamping yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Bahasa Korea Komprehensif 2 (Korean Business), yaitu Ibu Alfiana Amrin Rosyadi, S.S., M.A. Kegiatan ini memiliki beberapa perusahaan tujuan, yaitu PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia, dan Bank Shinhan Indonesia.
Kegiatan diawali pada Selasa, 25 Juni 2024, dengan berkumpulnya seluruh peserta dan dosen pengampu di Stasiun Cikarang, Bekasi untuk menuju destinasi pertama yaitu PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Perjalanan dilakukan menggunakan bus yang dan ditempuh selama kurang lebih satu jam karena tempat tujuan terletak di kawasan industri yang cukup jauh dari kawasan perkotaan.
Agenda di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia diawali dengan Alumni Talk yang diisi dengan pengenalan perusahaan dan sharing session oleh pihak perusahaan dan beberapa alumni Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM yang bekerja di sana. Setelah itu, dilakukan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea kepada PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan factory tour yang dipandu oleh seorang guide. Pada saat factory tour, peserta kegiatan berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan dan perakitan mobil yang diproduksi oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia kepada peserta kegiatan.
Pada Rabu, 26 Juni 2024, seluruh peserta kegiatan berangkat bersama menuju Lotte Mall Jakarta untuk mengunjungi Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia. Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Mr. Kim Young Soo selaku direktur regional KOCCA Indonesia. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan perusahaan dan sharing session oleh pihak perusahaan. Selanjutnya, peserta kegiatan berkesempatan untuk berkeliling kantor KOCCA Indonesia. Tidak hanya itu, seluruh peserta juga berkesempatan untuk mencoba pengalaman kebudayaan Korea, baik budaya populer maupun tradisional, yang disediakan oleh Korea 360. Korea 360 merupakan sebuah produk dari KOCCA sebagai kiat untuk memperkenalkan kebudayaan Korea kepada dunia melalui konten kreatif. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea kepada KOCCA Indonesia. Selain itu, serta pembagian souvenir dari KOCCA Indonesia.
Tujuan terakhir dari kegiatan ini adalah Bank Shinhan Indonesia. Pada kesempatan ini, para peserta berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan materi mengenai Bank Shinhan Indonesia oleh direktur utamanya, yaitu Mr. Koo Hyung Hoe. Setelah pemaparan materi oleh Mr. Koo Hyung Hoe, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM ke Bank Shinhan Indonesia. Kemudian, pemaparan materi dilanjutkan oleh pihak perusahaan yang memaparkan materi tentang pengenalan perusahaan sekaligus Campus Hiring. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pertanyaan dan sharing dari alumni Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM yang bekerja di Bank Shinhan Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir dari Bank Shinhan Indonesia.
Kunjungan industri ini tentunya dapat direalisasikan dengan adanya kerja sama antara prodi dengan mitra-mitra terkait. Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan mengenai langkah karir yang terbuka bagi mereka. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut ketika terjun langsung ke dunia kerja.
(FDK/Dok. PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, KOCCA Indonesia, Bank Shinhan Indonesia)